DAMAILAH NEGERIKU........ SEJAHTERALAH BANGSAKU........ JAYALAH INDONESIAKU

Selasa, 07 Agustus 2012

Merdeka????


TERJAJAH DI MASA KEMERDEKAAN


     Kita sering memaknai miskin dan kaya dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat ekonomi. Dari sudut pandang ini, maka ukuran miskin dan kaya hanyalah seberapa besar pendapatan yang berujung pada banyak atau sedikit materi yang dimilikinya. Dalam kenyataannya definisi ini tidak mampu menjawab problematika manusia dengan segala dimensi kemanusiaannya.

     Kemiskinan secara ekonomi telah banyak menciptakan terjadinya pekerja anak. Orang tua “terpaksa” memobilisasi anak-anaknya sebagai pekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Pada titik inilah munculnya kerawanan, sebab anak-anak bisa berubah peran dari “sekadar membantu” menjadi pencari nafkah utama.

     Anak jalanan, mungkin kita sudah akrab dan tidak asing lagi dengan figur  ini yang juga biasa dikenal dengan “ANJAL”.  Mereka sangat mudah kita ditemukan khususnya di kota-kota besar.
Dari namanya cukup jelas melukiskan mereka adalah seorang anak-anak yang kesehariannya terbiasa hidup di jalanan, tetapi mungkin lebih spesifik lagi mereka adalah anak kecil yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dijalanan bahkan terkadang tempat tinggal dan bermain mereka juga dijalanan.

     Sangat ironis memang, mereka merupakan generasi penerus bangsa yang tergolong masih kecil harus merasakan kerasnya sebuah kehidupan. Bahkan tidak jarang anak jalanan menjadi korban dan target tindak kekerasan dari orang yang tidak bertanggung jawab. 

      Hal ini masih terus   kita temui sekarang ini, pada saat 67 tahun sudah proklamasi kemerdekaan di proklamirkan akan tetapi anak anak tersebut belum merasakan arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Mereka belum memperoleh kemerdekaan untuk mengenyam pendidikan, kemerdekaan untuk bermain di tingkat usia mereka, kemerdekaan untuk hidup normal selayaknya anak anak, dan lain sebagainya.

    Belenggu penjajah KEMISKINAN masih tetap menghantui mereka. Belenggu penjajah KEBODOHAN tetap di sekeliling mereka. Belenggu penjajah KEKERASAN selalu membuntuti mereka. Inikah yang namanya MERDEKA??? Inikah arti KEMERDEKAAN???? 

     Walupun tidak ada data yang tepat menunjukkan berapa pertumbuhan jumlah anak jalanan, namun dapat dipastikan setiap tahun jumlah mereka selalu meningkat. Oleh karena itu tugas negara dan kita juga sebagai manusia sosial agar ikut membantu dan berperan serta menekan jumlah pertumbuhan mereka.

     Marilah masing masing di dalam diri kita bertanya, apa yang telah kita lakukan untuk mereka?, apa yang telah kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan? Apakah kita sudah benar benar bebas dari penjajahan? Apa yang harus kita perbuat? Sudah sampai dimanakah kita berbuat? Dan masih ada beribu ribu pertanyaan lagi.
Isilah kemerdekaan ini dengan memerdekakan orang lain juga, jangan mengisi kemerdekaan dengan tetap membiarkan orang lain terjajah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar